Sabtu, 16 Desember 2017

Tesis

REPRESENTASI NILAI-NILAI DALAM NOVEL HUJAN KARYA TERE LIYE DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA



ABSTRAK

Ardiantoro, Bayu, 2016. Representasi Nilai-Nilai Dalam Novel Hujan Karya Tere Liye dan  Implemetasinya Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Tesis, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Pascasarjana, Universitas Islam Malang. Pembimbing:(I) Dr. Hj. Luluk Sri Agus Prasetyoningsih, M.Pd (II) Dr. Akhmad Tabrani, M.Pd

Kata-kata Kunci: Nilai-nilai, sosial, kepribadian, pembelajaran bahasa indonesia

Karya sastra merupakan refleksi permasalahan kehidupan yang diungkapkan kembali oleh pengarang melalui tokoh-tokoh cerita dan menggunakan bahasa sebagai media pemaparannya.            Novel sebagai salah satu bentuk karya sastra yang dapat dengan bebas berbicara tentang kehidupan yang dialami oleh manusia dengan berbagai peraturan dan nilai-nilai dalam interaksinya dengan lingkungan masyarakat, sehingga dalam novel terdapat makna tertentu tentang kehidupan. Penelitian ini meneliti nilai-nilai kehidupan dalam karya sastra dalam novel Hujan karya Tere Liye. Novel ini merupakan novel terbaru karya Tere Liye, di dalamnya banyak memuat nilai-nilai kehidupan seperti nilai sosial dan nilai kepribadian. Novel Hujan juga memiliki esensi yang mampu memberikan representasi nilai-nilai kehidupan. Nilai-nilai kehidupan dalam karya sastra tersebut juga dapat digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia.
Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan nilai sosial yang meliputi; kebersamaan atau gotong-royong dan kepedulian sosial, (2) mendeskripsikan nilai kepribadian yang meliputi; kerja keras, motivasi, dan kesederhanaan, dan (3) mendeskripsikan implementasi pembelajaran nilai-nilai kehidupan dalam karya sastra pada pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas XI MA Miftahul Ulum Sitiaji kabupaten Bojonegoro. Untuk mencapai tujuan penelitian yang sudah ditetapkan digunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pendekatan observasi teks, yaitu teks sastra novel yang berjudul Hujan karya Tere Liye dengan peneliti yang bertindak sebagai instrument kunci. Sedangkan teknik analisis datanya dilakukan dengan langkah yaitu: pertama mengidentifikasi data, kedua mengklasifikasi data sesuai jenis datanya, ketiga mendeskripsikan data, yaitu mengelompokkan data yang terkumpul dalam tabel korpus data. Keempat menganalisis data, yaitu menginterprestasikan data sesuai makna dan jenis data, dan kelima merumuskan hasil data, yaitu berdasarkan rumusan masalah dalam penelitian.
Penelitian ini menghasilkan data-data yang diambil dari novel Hujan karya Tere Liye. Data-data yang dimaksud adalah kutipan langsung novel yang dianalisis sesuai dengan rumusan masalah dalam penelitin. Adapun secara rinci data tersebut adalah data yang mengandung nilai sosial dan nilai kepribadian.
Bertolak dari temuan-temuan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa dalam novel Hujan karya Tere  Liye merepresentasikan nilai sosial yang meliputi (a) nilai kebersamaan atau gotong-royong dan (b) nilai kepedulian sosial. Novel Hujan juga merepresentasikan nilai kepribadian yang meliputi (a) nilai kerja keras, (b) nilai motivasi, dan (c) nilai kesederhanaan. Selain itu dalam pembelajaran nilai-nilai dalam karya sastra pada siswa kelas XI MA Miftahul Ulum Sitiaji kebupaten Bojonegoro, terbagi dalam 3 (tiga) tahap, (1) tahap perencanaan pembelajaran, (2) tahap pelaksanaan pembelajaran, dan (3) tahap penilaian (evaluasi) pembelajaran. Selanjutnya peneliti memberikan saran-saran kepada terutama (a) peneliti untuk lebih memperdalam dan mengembangkan apresiasi terhadap karya sastra terutama novel dalam kajiannya dengan dikaitkan dalam pembelajaran sastra disekolah, (b) bagi pembaca untuk dapat mendalami laporan hasil penelitian ini dan selanjutnya bisa digunakan sebagai bahan refrensi guna mengembangkan suatu penelitian yang sejenis yang jauh lebih bermutu dan berguna bagi dunia pendidikan.





DAFTAR RUJUKAN

Aminudin. 2014. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung:Sinar Baru Algensindo
Endraswara, Suwardi. 2013. Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta:PT.Buku Seru
Faruk. 2014. Pengantar Sosiologi Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Hardiningtyas, Retno Puji. Implementasi Pengajaran Sastra Indonesia Di Sekolah. (Online) ( http://pujiretnohardiningtyas.blogspot.co.id/2008/05/pengajaran-sastra-di-sekolah.html, diakses pada 25 April 2016)
Liye, Tere. 2016. Hujan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Machsunah. 2014. Representasi Nilai-Nilai Dalam Novel Sepatu Dahlan Karya Khirsna Pabichara. Tesis tidak diterbitkan. Malang. PPS Universitas Islam Malang.
Minderop, Albertine. 2013. Psikologi Sastra: Karya Sastra, Metode, Teori, dan Contoh Kasus. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia
Muin, Idianto. 2006. Sosiologi. Jakarta: Penerbit Erlangga
Moleong, Lexy J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Mulyasa, E. 2010. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada
  University Press.
Pradopo, Rachmat Joko. 2011. Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik, dan Penerapannya Yogyakarta: Pustaka Pelajar Ofset.
Rafiek. 2012.  TEORI SASTRA:Kajian Teori dan Praktik. Bandung: PT Refika Aditama
Ratna, Nyoman Kutha. 2010. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Satra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sugiyarbini. 2012. Teori Psikologi Individu Adler. (Online) (http://sugithewae. wordpress.com/2012/05/05/teori-psikologi-individu-adler/, diakses pada 3 April 2016).
Sumarna, Cecep. 2006. Filsafat Ilmu Dari Hakikat menuju Nilai. Bandung: Pustaka Bani Qurays.
Triantmini. 2011. Kepedulian Sosial. Online (http://pembelpai.blogspot.com/2011 /01/bab-iii-kepedulian-sosial.html, diakses pada 30 Maret 2016).
Wiyatmi. 2008. Pengantar Kajian Sastra. Yogyakarta: Pustaka.
Zulkarnaini. 2011. Teori Dan Apresiasi Sastra Dalam Konstruksi Bahan Ajar. Online (http://www.zulkarnainidiran.wordpress.com, diakses 20 April 2016)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tes Formatif Bahasa Indonesia Kelas VIII

Soal teks LHO kelas VIII Klik link bawah ini untuk mengerjakan soal. https://forms.gle/8ZCj6n3udrjJqv8A8