REPRESENTASI
NILAI-NILAI DALAM NOVEL HUJAN KARYA
TERE LIYE DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
ABSTRAK
Ardiantoro,
Bayu,
2016. Representasi Nilai-Nilai Dalam
Novel Hujan Karya Tere Liye dan
Implemetasinya Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Tesis, Program
Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Pascasarjana, Universitas Islam
Malang. Pembimbing:(I) Dr. Hj. Luluk Sri Agus Prasetyoningsih, M.Pd (II) Dr.
Akhmad Tabrani, M.Pd
Kata-kata Kunci:
Nilai-nilai, sosial, kepribadian, pembelajaran bahasa indonesia
Karya sastra merupakan refleksi permasalahan
kehidupan yang diungkapkan kembali oleh pengarang melalui tokoh-tokoh cerita
dan menggunakan bahasa sebagai media pemaparannya. Novel sebagai salah satu bentuk karya sastra yang dapat
dengan bebas berbicara tentang kehidupan yang dialami oleh manusia dengan
berbagai peraturan dan nilai-nilai dalam interaksinya dengan lingkungan
masyarakat, sehingga dalam novel terdapat makna tertentu tentang kehidupan.
Penelitian ini meneliti nilai-nilai kehidupan dalam karya sastra dalam novel Hujan karya Tere Liye. Novel ini
merupakan novel terbaru karya Tere Liye, di dalamnya banyak memuat nilai-nilai
kehidupan seperti nilai sosial dan nilai kepribadian. Novel Hujan juga memiliki esensi yang mampu
memberikan representasi nilai-nilai kehidupan. Nilai-nilai kehidupan dalam
karya sastra tersebut juga dapat digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia.
Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan
nilai sosial yang meliputi; kebersamaan atau gotong-royong dan kepedulian
sosial, (2) mendeskripsikan nilai kepribadian yang meliputi; kerja keras,
motivasi, dan kesederhanaan, dan (3) mendeskripsikan implementasi pembelajaran
nilai-nilai kehidupan dalam karya sastra pada pembelajaran bahasa Indonesia
siswa kelas XI MA Miftahul Ulum Sitiaji kabupaten Bojonegoro. Untuk mencapai
tujuan penelitian yang sudah ditetapkan digunakan pendekatan kualitatif. Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan pendekatan observasi teks, yaitu teks sastra
novel yang berjudul Hujan karya Tere
Liye dengan peneliti yang bertindak sebagai instrument kunci. Sedangkan teknik
analisis datanya dilakukan dengan langkah yaitu: pertama mengidentifikasi data,
kedua mengklasifikasi data sesuai jenis datanya, ketiga mendeskripsikan data,
yaitu mengelompokkan data yang terkumpul dalam tabel korpus data. Keempat
menganalisis data, yaitu menginterprestasikan data sesuai makna dan jenis data,
dan kelima merumuskan hasil data, yaitu berdasarkan rumusan masalah dalam
penelitian.
Penelitian ini menghasilkan data-data yang diambil
dari novel Hujan karya Tere Liye.
Data-data yang dimaksud adalah kutipan langsung novel yang dianalisis sesuai
dengan rumusan masalah dalam penelitin. Adapun secara rinci data tersebut
adalah data yang mengandung nilai sosial dan nilai kepribadian.
Bertolak
dari temuan-temuan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa dalam novel Hujan karya Tere Liye merepresentasikan nilai sosial yang
meliputi (a) nilai kebersamaan atau gotong-royong dan (b) nilai kepedulian sosial.
Novel Hujan juga merepresentasikan
nilai kepribadian yang meliputi (a) nilai kerja keras, (b) nilai motivasi, dan
(c) nilai kesederhanaan. Selain itu dalam pembelajaran nilai-nilai dalam karya
sastra pada siswa kelas XI MA Miftahul Ulum Sitiaji kebupaten Bojonegoro,
terbagi dalam 3 (tiga) tahap, (1) tahap perencanaan pembelajaran, (2) tahap
pelaksanaan pembelajaran, dan (3) tahap penilaian (evaluasi) pembelajaran.
Selanjutnya peneliti memberikan saran-saran kepada terutama (a) peneliti untuk
lebih memperdalam dan mengembangkan apresiasi terhadap karya sastra terutama
novel dalam kajiannya dengan dikaitkan dalam pembelajaran sastra disekolah, (b)
bagi pembaca untuk dapat mendalami laporan hasil penelitian ini dan selanjutnya
bisa digunakan sebagai bahan refrensi guna mengembangkan suatu penelitian yang
sejenis yang jauh lebih bermutu dan berguna bagi dunia pendidikan.
DAFTAR
RUJUKAN
Aminudin. 2014. Pengantar Apresiasi Karya Sastra.
Bandung:Sinar Baru Algensindo
Endraswara, Suwardi. 2013. Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta:PT.Buku Seru
Faruk. 2014.
Pengantar Sosiologi Sastra.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Hardiningtyas, Retno Puji. Implementasi Pengajaran Sastra Indonesia Di
Sekolah. (Online) ( http://pujiretnohardiningtyas.blogspot.co.id/2008/05/pengajaran-sastra-di-sekolah.html,
diakses pada 25 April 2016)
Liye, Tere. 2016.
Hujan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Machsunah. 2014. Representasi
Nilai-Nilai Dalam Novel Sepatu Dahlan Karya Khirsna Pabichara. Tesis tidak
diterbitkan. Malang. PPS Universitas Islam Malang.
Minderop, Albertine. 2013. Psikologi Sastra: Karya Sastra, Metode, Teori, dan Contoh Kasus.
Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia
Muin, Idianto. 2006.
Sosiologi. Jakarta: Penerbit
Erlangga
Moleong, Lexy
J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Mulyasa, E.
2010. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.
Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Teori Pengkajian Fiksi.
Yogyakarta: Gadjah Mada
University Press.
Pradopo,
Rachmat Joko. 2011. Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik, dan Penerapannya
Yogyakarta: Pustaka Pelajar Ofset.
Rafiek.
2012. TEORI SASTRA:Kajian Teori dan Praktik. Bandung: PT Refika Aditama
Ratna, Nyoman
Kutha. 2010. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Satra. Yogyakarta:
Pustaka Pelajar.
Sugiyarbini.
2012. Teori Psikologi Individu Adler.
(Online) (http://sugithewae.
wordpress.com/2012/05/05/teori-psikologi-individu-adler/,
diakses pada 3 April 2016).
Sumarna,
Cecep. 2006. Filsafat Ilmu Dari Hakikat
menuju Nilai. Bandung: Pustaka
Bani Qurays.
Triantmini.
2011. Kepedulian Sosial. Online (http://pembelpai.blogspot.com/2011
/01/bab-iii-kepedulian-sosial.html,
diakses pada 30 Maret 2016).
Wiyatmi. 2008. Pengantar Kajian Sastra.
Yogyakarta: Pustaka.
Zulkarnaini. 2011.
Teori Dan Apresiasi Sastra Dalam Konstruksi Bahan Ajar. Online (http://www.zulkarnainidiran.wordpress.com, diakses 20 April 2016)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar