Jumat, 15 Desember 2017

YAYASAN PONDOK PESANTREN MODERN AL - FATIMAH
SMP PLUS AL – FATIMAH BOJONEGORO

MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
KELAS VII SEMESTER GANJIL
TAHUN PELAJARAN 2017-2018

PENILAIAN AKHIR SEMESTER


1.      Pernyataan berikut yang merupakan ciri teks deskripsi adalah. . .
A. Bersifat menceritakan.
B. Mengandung bukti dan kebenaran.
C. Menggunakan contoh, fakta, gambar peta, dan angka.
D. Penggambaran tersebut dilakukan sejelas-jelasnya dengan melibatkan kesan indra.

Perhatikan kutipan berikut ini.
Setiap memandang wajahnya, hatiku terasa teduh. Ya, wajah ibuku memang meneduhkan. Matanya yang bulat menyiratkan kasih sayang kepada orang lain. Tangannya yang mungil dan lembut mengajari kami berjalan untuk pertama kalinya. Dengan tangannya yang mungil, ibuku menyuapi kami untuk pertama kalinya dan menghapus air mata kami saat kami menangis. Rambut ibu yang indah menggambarkan keindahan pikirannya. Tidak pernah terbesit dalam pikirannya berbuat buruk kepada orang lain. Dengan bibir mungilnya nasihat-nasihat indah tentang kehidupan mengalir ke telinga kami.
2.      Paragraf di atas merupakan deskripsi. . .
A. Deskripsi sugestif
B. Deskripsi teknis/ekspositoris
C. Deskripsi subjektif
D. Deskripsi objektif

3.      Berdasarkan teks deskripsi pada soal di atas objek yang dideskripsikan adalah. . .
A. wajah ibuku
B. tangan ibuku
C. keramahan ibuku
D. sosok ibuku

4.      Perhatikan kalimat berikut.
    Pulang dari objek ini jangan lupa mencicipi berbagai macam olahan laut di warung-warung makan sekitar. Pantai seperti udang, kepiting, cumi-cumi, iklan, dan sebagainya.
Penulisan ejaan dan tanda baca yang tepat dari kalimat tersebut adalah ...
A.    Pulang dari objek wisata ini jangan lupa, mencicipi berbagai macam olahan laut di warung-warung makan sekitar Pantai seperti: udang, kepiting, cumi-cumi, ikan dan sebagainya.
B.     Pulang dari objek wisata ini, jangan lupa mencicipi berbagai macam olahan laut di warung-warung makan sekitar Pantai, seperti udang, kepiting, cumi-cumi, ikan, dan sebagainya.
C.     Pulang dari objek wisata ini jangan lupa, mencicipi berbagai macam olahan laut di warung-warung makan sekitar Pantai seperti udang, kepiting, cumi-cumi, ikan dan sebagainya.
D.    Pulang dari objek wisata ini jangan lupa mencicipi berbagai macam olahan laut, di warung-warung makan sekitar Pantai, seperti udang, kepiting, cumi-cumi, ikan dan sebagainya.
5.      Perhatikan kalimat berikut.
   Jika anda datang ke pantai ini pada pagi hari maka anda akan mendapatkan kesempatan melihat pemandangan matahari terbit di bagian timur kemudian pada bagian barat pantai di sore hari akan terlihat matahari terbenam yang begitu indah.
Variasi kalimat yang tepat agar menjadi kalimat efektif adalah ...
A.    Jika Anda datang ke pantai ini pada pagi hari, maka anda akan mendapatkan kesempatan melihat pemandangan matahari terbit di bagian timur. Kemudian, pada bagian barat pantai di sore hari akan terlihat matahari terbenam yang begitu indah.
B.     Jika Anda datang ke pantai ini pada pagi hari, Anda akan mendapatkan kesempatan melihat pemandangan matahari terbit di bagian timur. Pada bagian barat pantai di sore hari akan terlihat matahari terbenam yang begitu indah.
C.     Jika datang ke pantai ini pada pagi hari, maka anda akan mendapatkan kesempatan melihat pemandangan matahari terbit di bagian timur. Kemudian, pada bagian barat pantai di sore hari akan terlihat matahari terbenam yang begitu indah.
D.    Jika datang ke pantai ini pada pagi hari, Anda akan mendapatkan kesempatan melihat pemandangan matahari terbit di bagian timur. Pada sore hari akan terlihat matahari terbenam yang begitu indah pada bagian barat pantai

6.      Pernyataan berikut yang termasuk kalimat deksripsi adalah ...
A.    Candi Prambanan merupakan mahakarya kebudayaan Hindu dari abad ke-9
B.     Candi Prambanan merupakan candi Hindu tercantik dan terbesar di Indonesia
C.     Di belakang Candi Prambanan terdapat kebun binatang yang berisikan banyak binatang rusa
D.    Candi Prambanan tidak hanya dikenal oleh wisatawan domestik, tetepi juga wisatawan mencanegara.

7.      Perhatikan kalimat berikut dengan seksama.
     Candi Prambanan atau Candi Roro Jonggrang merupakan candi Hindu tercantik di dunia dan juga candi Hindu terbesar di Indonesia
Variasi kalimat yang tepat dari kalimat tersebut, yaitu ...
A.    Candi Prambanan atau candi Roro Jonggrang merupakan candi Hindu tercantik di dunia dan terbesar di Indonesia
B.     Candi Prambanan atau Candi Roro Jonggrang merupakan candi Hindu tercantik di dunia dan juga terbesar di Indonesia
C.     Candi Prambanan atau Candi  Roro  Jonggrang merupakan candi Hindu tercantik dan terbesar di dunia dan di Iindonesia
D.    Candi Prambanan atau disebut juga Candi Roro Jonggrang merupakan candi tercantik dan terbesar di dunia.
Bacalah kedua teks di bawah ini.
Teks 1
Teks 2
PANTAI MOJOPAHIT
Pemandangan Pantai Mojopahit - Mojokerto sangat mempesona. di sebelah kiri terlihat tebing yang amat sangat tinggi dan di sebelah kanan kita bisa melihat batu karang besar yang seolah-olah siap menjaga gempuran ombak yang datang setiap saat. Banyaknya wisatawan yang selalu mengunjungi Pantai Mojopahit ini membuat pantai ini tidak pernah sepi dari pengunjung.

Di pantai Mojopahit ini keta bisa bermain pasir dan merasakan hembusan segar angin laut. Kita juga bisa naik kuda ataupun angkutan sejenis andong yang bisa membawa kita ke area karang laut yang sungguh sangat indah.Disore hari, kita bisa melihat matahari terbenam yang merupakan momen sangat istimewa melihat matahari yang seolah-olah amsuk ke dalam hamparan air laut.
TARI GAMBYONG
Tari Gambyong adalah tarian untuk menyambut tamu atau mengawali suatu resepsi perkawinan. Tarian ini dinamai sesuai dengan nama penari yang bernama Gambyong. Penari ini hidup pada zaman Sunan Paku Buwana IV di Surakarta. Dia mahir dalam menari dan memiliki suara merdu sehingga menjadi pujaan kaum muda pada zaman itu.

Koreografi tari Gambyong sebagian besar berpusat pada penggunaan gerak kaki, tubuh, lengan, dan kepala. Penari tidak hanya lentur tubuhnya, tetapi juga harus terampil.Ada berbagai gerak dalam tari Gambyong.Gerak srisig adalah gerak dengan sikap berdiri jinjit dilanjutkan dengan langkah-langkah kecil. Nacah miring yaitu kaki kiri bergerak ke samping, bergantian disusul kaki kanan diletakkan di depan kaki kiri. Kengser adalah gerak kaki ke samping dengan cara bergeser dengan posisi kaki tetap merapat ke lantai. Gerak embat atau entrag adalah gerak dengan posisi lutut yang membuka karena mendhak bergerak ke bawah dan ke atas. Selain itu, ada juga gerak berjalan (sekaran mlaku), dan gerak di tempat (sekaran mandheg)

8.  Perbedaan teks 1 dan teks 2 tersebut adalah ...
A.  Topik utama yang dideskripsikan: Teks 1 Pantai Mojopahit, Teks 2 Tari Gambyong
Perincian isi: Teks 1 Pemandangan pantai, tebing di kanan kiri pantai, pengunjung, keindahan matahari terbenam. Teks 2 Waktu pementasan, koreografi tari Gambyong
B.  Topik utama yang dideskripsikan: Teks 1 Keindahan Pantai Mojopahit, Teks 2 Tari Gambyong
Perincian isi: Teks 1 Pemandangan pantai, pengunjung, permainan yang ada di pantai, keindahan matahari terbenam. Teks 2 Penemu tari Gambyong, gerakan tari Gambyong
C.  Topik utama yang dideskripsikan: Teks 1 Pantai Mojopahit Teks 2 Tari Gambyong
Perincian isi: Teks 1 Keindahan Pantai Mojopahit ketika sore hari Teks 2 Kelenturan Tari Gambyong
D.  Topik utama yang dideskripsikan: Teks 1 Pantai Mojopahit Teks 2 Tari Gambyong
Perincian isi: Teks 1 Alasan mengapa pantai ini sangat banyak pengunjungnya, Teks 2 Tujuan tari, gerakan tari Gambyong

9.      Taman Putroe Phang terletak di wilayah kompleks Istana Sultan Aceh di Banda Aceh. Taman ini dibuat Sultan Iskandar Muda untuk ( .... ) Putri Pahang.di taman tersebut terdapat sebuah bangunan unik, bernama Gunongan.
Kata yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ...
A. Melihat
B. Mengenang
C. Mengingat
D. Membayangkan

10.  (1) Memasuki bibir pantai Senggigi kita akan disambut angin pantai yang lembut dan udara yang segar. (2) Angin lembut terasa mengelus kulit. (3) Garis pantai Senggigi yang panjang dengan gradasi warna pasir putih dan hitam membuat keindahan pantai ini semakin menarik. (4) Pemandangan bawah laut Senggigi juga tidak kalah memesona. (5) Terumbu karang nampak berwarna-warni sangat indah.
Dari kutipan teks di atas, yang termasuk majas personifikasi adalah ...
A. (1) dan (2)
B. (2) dan (3)
C. (3) dan (4)
D. (4) dan (5)

11.  Berikut adalah contoh judul yang tepat kalau kita ingin menulis karangan teks deskriptif....
A. Tabalong, Kota yang Bersih
B. Membuat layang-layang
C. Dora Emon dan Kantong ajaib
D. Laporan Banjir di Tabalong
12.  Penggunaan kata depan yang tepat terdapat pada kalimat ....
A. Orang-orang ramai berjualan menggunakan perahu .
B. Sungai Barito adalah sungai yang ada di Kalimantan Selatan
C. Tarian Dayak itu menarik perhatian pada wisatawan.
D. Terdengar suasana riuh ketika drama itu selesai dipentaskan
13.  Salah satu struktur yang menjelaskan terjadinya konflik dalam cerita disebut ...
A.    Alur                                               C. Setting
B.     Konflik                                          D. Komplikasi
Cermatilah cerita imajinasi berikut untuk soal nomor 14-16.
(1) Tiba-tiba, Nataga, pemimpin perang seluruh binatang di Tana Modo, segera melesat menyeret ekor birunya. (2) Mendadak, ekor Nataga mengeluarkan api besar. (3) Nataga mengibaskan api pada ekornya yang keras, membentuk lingkaran sesuai tanda yang dibuat oleh semut, rayap, dan para tikus. (4) ....., ia melompat bagai kilat dan mengepung serigala dalam api panas.
14.  Keajaiban tokoh dalam cerita tersebut terlihat pada bagian nomor ...
A.    (1)                                                  C. (3)
B.     (2)                                                  D. (4)
15.  Kutipan cerita tersebut termasuk bagian ...
A.    Orientasi                                        C. Resulusi
B.     Komplikasi                                    D. Koda
16.  Konjungtor urutan waktu yang tepat untuk melengkapi kalimat nomor (4) adalah ....
A.    Dan                                               C. Maka
B.     Lalu                                               D. Oleh sebab itu
17.  Di bawah ini adalah salah satu unsur intrinsik, keculai ...
A.    Konflik                                          C. Nilai-nilai dalam cerita
B.     Watak                                            D. Identitas pengarang
Cermati kutipan cerita berikut untuk soal nomor 18-19.
       Dengan gemetar wulan menerima sebuah botol berisi air. Secara perlahan dewi bulan kembali masuk kedalam bayangan pantulan bulan di permukaan air di tepi danau dan menghilang. Akhirnya wulan segera membasuh wajahnya dengan air kecantikan pemberian dewi bulan. Tanpa disadari wulan tertidur di sana.
      Sungguh ajaib air yang diberika dewi bulan. Ketika bangun tidur wulan mendapati dirinya terbangun di ranjang tempat tidurnya dirumah, dan ketika bercermin begitu kagetnya wulan melihat wajahnya cantik dan lembut seperti dulu lagi. Ibu wulan pun ikut gembira bercampur heran


18.  Latar waktu terjadinya cerita imajinasi di atas adalah ...
A.    Pagi hari                                        C. Petang
B.     Siang hari                                      D. Malam
19.  Beradasarkan kutipan cerita imajinasi di atas, struktur teks tersebut adalah ...
A.    Orientasi                                        C. Konflik
B.     Resolusi                                         D. Komplikasi
20.  “Kalian tidak akan ku biarkan pergi!” suara Brutus bergema di seluruh gua.
Pengubahan kalimat langsung menjadi tidak langsung dari kalimat tersebut adalah ...
A.    Brutus berkata bahwa mereka tidak akan dibiarkan pergi
B.     Brutus berkata ke seluruh gua bahwa mereka tidak akan dibiarkan pergi
C.     Brutu berteriak dengan suara menggelegar ke seluruh gua bahwa mereka tidak akan pergi.
D.    Brutus berkata dengan suara menggelegar ke seluruh gua bahwa mereka tidak akan dibiarkan pergi
21.  “Kakak?” potong Anin tajam. “Kakak siapa?”
Pengubahan kalimat tersebut menjadi kelimat tidak langsung adalah ...
A.    Kakak bertanya dengan tajam tentang siapa diri Anin
B.     Anin bertanya dengan tajam tentang siapa diri kakak
C.     Anin memotong dengan tajam dengan pertanyaan tentang siapa diri kakak
D.    Anin bertanya dengan memotong tajam kalimat kakak
Cermati kutipan teks fantasi berikut, kemudian jawablah soal nomor 22 dan 23!

      Bintang membuka plastik pembungkus kado dengan buru-buru. Kado itu berbentuk buku diary. Cover depan berwarna merah. Diary itu bergambar mawar merah segar di tengah-tengahnya. Mawar itu tampak hidup. Bintang menyentuh mawar itu. Ia merasa ujung jarinya dingin, seperti menyentuh kelopak mawar sungguhan. Bintang terkejut ketika bunga mawar itu mulai bergerak-gerak dan semakin membesar. Tiba-tiba Bintang berada di kebun bunga mawar.

22.  Berdasarkan teks fantasi tersebut yang membuktikan bahwa cerita fantasi memiliki ciri adanya keajaiban/keanehan/ kemisteriusan adalah ….
A.  Bintang menyentuh mawar itu.
B.  Diary itu bergambar mawar merah segar di tengah-tengahnya.
C.  Bintang membuka plastik pembungkus kado dengan buru-buru.
D.  Bintang terkejut ketika bunga mawar itu mulai bergerak-gerak dan semakin membesar.
23.  Teks cerita fantasi di atas menonjolkan unsur intrinsik ….
A. amanat
B. tokoh dan penokohan
C. latar
D. tema
Cermatilah petunjuk penggunaan obat berikut untuk menjawab soal no. 24-25
Dewasa      : 3 x sehari 1 sendok teh
Anak-anak : 3 x sehari ½ sendok teh
Atau menurut petunjuk dokter

24.  Aturan pemakaian obat yang benar untuk anak berumur 12 tahun adalah...
A.    Sekali minum 3 sendok teh dalam sehari
B.     Sekali minum 3 sendok teh 3 x dalam sehari
C.     Sekali minum ½ sendok teh 3 x dalam sehari
D.    Sekali minum 1 sendok teh 3 x dalam sehari
25.  Aturan minum obat yang benar untuk ayah adalah..
A.    Sekali minum 3 sendok teh dalam sehari
B.     Sekali mnum 3 sendok teh 3 x dalam sehari
C.     Sekali minum ½ sendok teh 3 x dalam sehari
D.    Sekali minum 1 sendok teh 3 x dalam sehari
Cermatilah petunjuk penggunaan obat berikut untuk menjawab soal no. 26-27
1.   Masukan pakaian kotor dan detergen kedalam tabung mesin cuci
2.   Isi tabung dengan air sebanyak sesuai kebutuhan
3.   Jalankan siklus pencucian
4.   Keluarkan airnya melalui selang yang tersedia pada bagian belakang mesain. Isi kembali tabungnya dengan air bersih, lalu jalankan siklus pembilasan
5.   Pindahkan cucian dari drum pencucian ke dalam drum sebelahnya untuk membuang sisa-sia air yang terserap kain
6.   ........

26.  penulisan kalimat “Masukan pakaian kotor dan detergen kedalam tabung mesin cuci” adalah salah. Perbaikan yang benar adalah..
A.    masukan pakaian kotor dan detegen ke dalam tabung mesin cuci
B.     masukkan pakaian kotor dan detergen kedalam tabung mesin cuci
C.     masukan pakaian kotor dan detergen ke dalam tabung mesin cuci
D.    masukkan pakaian kotor dan detergen ke tabung mesin cuci

27.  Langkah nomor 6 yang benar adalah..
A.    Pindahkan cucian dari drum 2 ke drum 3 untuk mengeringkan
B.     Keluarkan cucian dari mesin dan keadaan pakaian sudah kering
C.     Keluarkan cucian dari mesin cuci dan gantung untuk mengeringkannya
D.    Ambil cucian dari mesin dan setrikalah hingga kering
Cermatilah teks prosdur berikut untuk menjawab soal nomor 28-29
Petunjuk Mengkritik Suatu Karya
1.   Memiliki pengetahuan yang cukup tentang hal yang akan dikritik
2.   ....
3.   Buat catatan objektif tentang kelebihan dan kekurangan
4.   ....
5.   Sampaikan kritik dengan bahasa yang santun
28.  Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian nomor (2) dan (4) pada teks prosedur tersebut adalah...
A.    (2) mengkritik berarti memberikan penilaian yang objektif
(4) bila mendapat dengan kritikan, terima dengan hati yang lapang
B.      (2) pelajari dengan cermat karya yang akan dikritik
(4) pikirkan kembali sebelum karya disampaikan
C.     (2) berikan bantahan jika kritikan tidak sesuai dengan fakta
(4) pikirkan kembali sebelum kritikan disampaikan
D.    (2) mengritik berarti menilai dengan objektif dan masuk akal
(4) kekurangan yang tidak objektif, dapat kita bantah
29.  Agar sesuai dengan ciri kebahasaan teks prosedur, perbaikan kalimat nomor (1) yang tepat adalah...
A.    Pahamilah hal yang akan dikritik
B.     Memahami pengetahuan tentang hal yang akan dikritik
C.     Mengetahui hal yang akan dikritik
D.    Memperlajari hal yang akan dikritik
30.  Judul teks berikut yang sesuai untuk pembuatan sesuatu adalah..
A.    Cara menyemprot dengan pupuk organik cair
B.     Cara membuat kompos
C.     Cara menggunting kain sutra
D.    Cara minum obat sesak napas

Perhatikan teks prosedur berikut ini!
1)   Menyiram dengan air secukupnya.
2)   Membungkus tanah yang telahditempelkan dengan menggunakan Sabutatau plastik.
3)   Mengerat kulit batang sepanjang 10 cm.
4)   Membungkus tanah keratan bagian atas dengan tanah yang subur.
5)   Memilih tangkai yang sehat dan tegak.
31.  Urutan langkah petunjuk mencangkok tanaman di atas yang tepat adalah ....
A. 1-3-4-2-5
B. 5-1-3-4-2
C. 5-3-4-2-1
D. 1-5-3-4-2

Perhatikan kutipan di bawah ini.
Yakinlah bahwa kalian telah mengenakan pakaian dengan rapi atau mengenakan pakaian sesuai dengan isi puisi yang akan kalian baca.
Berdirilah dengan tegak dan tenang di atas pentas sebelum kalian memulai membaca.
Kuasailah pentas dan penonton dengan mengarahkan pandangan ke segala penjuru sambil memberikan penghormatan kepada mereka dengan cara menganggukkan kepala.

32.  Kutipan teks soal di atas terdapat struktur ....
A. Latar belakang
B. Tujuan
C. Langkah-langkah
D. Kesimpulan

33.  Tujuan dalam teks prosedur pada soal di atas adalah ....
A. untuk memahami cara membaca puisi di atas pentas.
B. untuk mengetahui cara membaca puisi dengan baik.
C. untuk mengembangkan secara kreatif sebuah puisi.
D. untuk mengetahui teknik membaca puisi di atas pentas.

Perhatikan kutipan teks berikut ini!
Beberapa cerpen karangan Seno Gumira Ajidarma menggunakan pola dongeng. Pada dongeng tampak jelas pada peristiwa yang muncul, berkisar pada hal-hal yang bersifat khayal dan luar biasa. Penanda lainnya adalah pada awal cerpen selalu ditandai oleh seorang tokoh lain bercerita kepadanya tentang tema tertentu, kemudian juru cerita mulai mendongeng sesuai dengan tema yang diminta. Cerpen selalu diawali dengan pembuka yang mirip awal dongeng untuk anak-anak misalnya, “ Pada suatu hari .... “
34.  Teks tersebut terdapat langkah-langkah prosedur kompleks tentang ....
A. cara menciptakan cerpen yang baik.
B. cara menulis cerpen dengan metode jelas.
C. cara menulis cerpen dengan metode dongeng.
D. cara menilai cerpen dari sudut dongeng.

Perhatikan kalimat-kalimat 
teks prosedur acak berikut!
Teks Prosedur Membuat Rendang
1)   Setelah semua bumbu dimasukkan, aduk merata dan tunggu sampai santan mendidih serta mengeluarkan minyak.
2)   Pertama-tama, potong dan gepreklah daging sapi yang telah dicuci.
3)   Ungkeplah daging sapi yang telah digeprek dengan bumbu yang telah dihaluskan sampai beruap dan daging ungkep kering.
4)   Setelah diungkep, masukkan santan kental, merica bubuk, sereh, asam kandis, bunga pekak, daun jeruk, daun salam, daun kunyit, garam, dan gula pasir.
5)   Aduk-aduk terus sampai serundeng menyatu dengan daging sampai berubah warnadan mengering, lalu sajikan.
6)   Setelah santan mengeluarkan minyak, kecilkan api dan masukkan bahan pelengkap :Kelapa serundeng yang sudah disangrai.
7)   Setelah itu, haluskan bawang merah, bawang putih, cabai, jahe, dan lengkuas.


35.  Urutan yang tepat teks prosedur membuat rendang tersebut adalah...
A. 2,3,1,4,7,5,6
B. 2,,4,7,3,6,1,5
C. 2,5,1,4,6,7,3
D. 2,7,3,4,1,6,5

36.  Dari teks prosedur pada soal di atas, yang merupakan kalimat pasif pada nomor...
A. 1,5,6
B. 1,3,4
C. 2,5,7
D. 3,4,6

37.  Pernyataan di bawah ini yang merupakan keterangan cara...
A. Cucilah sayur dengan bersih.
B. Kupas dengan pisau tajam
C. Masukkan garam dengan gula.
D. Nyalakan kompor dengan korek api.


38.  Berikut ini yang merupakan teks laporan hasil observasi adalah….
A.  Buatlah lubang dengan cara melubangi tanah dengan diameter 10-30 cm dan kedalaman 80-100 cm menggunakan linggis, bamboo, atau alat pengebor biopori.
B.  Dengan tergesa Meza menuju perpustakaan sekolahnya. Tugas dari guru Bahasa Indonesia harus dikumpulkan siang nanti jam ke 7. Padahal dia belum membaca sama sekali buku biografi yang ditugaskan. Perpustakaan masih sepi ketika Meza memasuki perpustakaan
C.  Kucingku sangat lucu. Bulunya yang putih lebat membuatnya semakin menggemaskan. Ketika ia ingin makan ia selalu menari-nari dihadapanku
D.  Indonesia merupakan paru-paru dunia kedua. Indonesia memiliki hutan lebat yang memberikan banyak oksigen. Di negara ini terdapat tumbuh-tumbuhan dan hewan yang khas, seperti matoa, kayu cendana, burung cendrawasih, orang utan, dan komodo.
Perhatikan teks di bawah ini.
Lingkungan hidup adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia dan berhubungan timbal balik. Lingkungan hidup ini mencakupi benda hidup dan benda mati. Benda hidup perlu makanan dan berkembang biak seperti manusia, binatang, dan tumbuhan. Benda mati antara lain tanah, air, api, batu, dan udara. Jika terpelihara dengan baik, lingkungan hidup itu dapatmenciptakan masyarakat yang sehat, aman, tenteram, lahir dan batin.
39.  Simpulan dari kutipan diatas adalah….
A.    lingkungan hidup baik benda mati maupun bena hidup
B.     benda hidup perlu makan sedangkan benda mati tidak
C.     lingkungan hidup adalah segala sesuatu yang ada disekitar kita dan berhubungan timbal balik. Lingkungan hidup mencakup benda mati dan benda hidup
D.    Benda hidup perlu makanan dan berkembang biak seperti manusia, binatang, dan tumbuhan. Benda mati antara lain tanah, air, api, batu, dan udara. 
40.  Kutipan teks soal di atas tersebut merupakan bagian struktur teks....
A. definisi umum
B. deskripsi bagian
C. deskripsi manfaat
D. Penutup
41.  Di bawah ini merupakan salah satu istilah yang terdapat dalam teks soal di atas tersebut adalah….
A. berkembang biak
B. masyarakat
C. manusia
D. tumbuhan
42.  Industri kimia dan pettrokimia, industri pulpen dan kertas,serta industri baja menggunakan minyak bumi sebagai bahan bakar utama untuk menggerakkan mesin-mesin pabrik.Demikian juga halnya alat transportasi laut,darat, dan udara,juga menggunakan minyak bumi sebagai bahan bakar utamanya.
Simpulan umum paragraf di atas adalah... 
A.    Minyak bumi sebagai bahan bakar berbagai industri
B.     Minyak bumi dan batubara merupakan sumber energi yang penting
C.     Alat transportasi menggunakan minyak bumi sebagai bahan bakar utama
D.    Minyak bumi merupakan bahan bakar utama untuk berbagai macam industri dan alat transportasi. 
43.  Pernyataan berikut yang merupakan bagian definisi umum adalah ....
A.    Taman Nasional adalah kawasan pelestarian alam yang mempunyai ekosistem asli dan dikelola dengan bersistem untuk keperluan berbagai penelitian, perkembangan ilmu pengetahuan, pendidikan dan pariwisata.
B.     Taman Nasional berfungsi sebagai tempat pelestarian habitat hewan dan tumbuhan yang hidup di wilayah Indonesia.
C.     Taman Nasional didirikan dengan tujuan untuk melestarikan lingkungan alam dan mengembangkan pengetahuan.
D.    Taman Nasional ini berguna sebagai tempat penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan,
Perhatikan teks berikut!
Memanfaatkan beberapa barang bekas dan sampah yang bisa didaur ulang bisa menjadi salah satu cara kreatip agar kita tidak terlalu konsumtif . Selain menjadi alternativ daur ulang, kegiatan ini sangat menyenangkan. Kita bisa membuat tas atau dompet dari pebungkus sabun cuci piring. Tanamkan pada diri kita bahwa kegiatan mendaurulang barang bekas adalah hal yang bisa menselamatkan lingkungan.
44.  Deretan kata tidak baku dalam teks hasli observasi tersebut adalah ....
A. Kreatip, konsumtif, alternativ, pebungkus
B. Meanfaatkan, kreativ, pebubgkus, alternativ
C. Kreatip, alternativ, pebungkus, menselamatkan
D. Memanfaatkan, konsumtif, pebungkus, menselamatkan

Perhatikan kalimat-kalimat acak berikut!
1)   Keseimbangan inilah yang harus tetap dijaga agar keanekaragaman sumber daya alam tetap lestari dan terjamin.
2)   Apabila tidak dijaga, keseimbangan alam dapat terganggu atau rusak.
3)   Alam yang serasi dan lestari adalah alam yang mengandung berbagai komponen ekosistem secara seimbang.
4)   Oleh karena itu, pemanfaatan sumber daya alam sebaiknya diusahakan secara arif dan bijaksana.
45.  Susunan kalimat yang tepat agar menjadi teks hasil observasi yang padu adalah ....
A. 3 – 1 - 2 - 4
B. 3 – 2 - 1 - 4
C. 3 – 2 – 4 - 1
D. 3 – 4 - 1 – 2

Perhatikan paragraf di bawah ini!
(1) Kucing merupakan binatang peliharaan yang paling populer.(2) Kucing merupakan hewan mamalia.(3) Berdasarkan makannya kucing termasuk binatang karnivora karena pemakan daging, ciri karnivora terlihat dari struktur gigi kucing yang tajam dan bertaring. (4) Kucing feliscatus merupakan kucing piaraan atau rumahan yang sering kita lihat berkeliaran.Kucing disebut juga kucing domestikatau kucing rumah.
46.  Kalimat utama pada paragraf di atas adalah...
A. (1)                                       C. (3)
B. (2)                                       D. (4)
47.  Dalam dunia jurnalistik,orang yang melakukan wawancara disebut...
A. Reporter.
B. Sastrawan
C. Wartawan
D. Orator
48.  Pernyataan berikut yang termasuk bagian deskripsi bagian adalah ....
A.  Green misionn adalah suatu misi yang dicanangkan serta dituangkan ke dalam kegiatan untuk melestarikan lingkungan.
B.  Masyarakat diharapkan mampu memberdayakan aspek-aspek abiotik, biotik di sekitarnya,serta budaya (culture) di sekitarnya. 
C.  Selain itu, kegiatan itu dapat membuat masyarakat menjadi lebih mandiri dalam mengelo la dan mengolah lingkungan sekitarnya.
D.  Kemudian, peluang usaha tersebut dapat dimanfaatkan sebgai sumber lapangan pekerjaan yang baru dan menyelamatkan lingkungan dari sampah di sekitar.

Perhatikan teks berikut!
Lingkungan asri merupakan dambaan bagi setiap msyarakat yang sadar akan kebersihan. Salah satunya adalah pemberdayaan sampah yaitu pemilahan antara sampah kering dan sampah basah.Pemberdayaan sampah juga dapat menjadi sarana kreativitas untuk mendaur ulang dan menggunakannya kembali sebagai alat-alat dalam aktivitas sehari-hari.
49.  Gagasan utama teks hasil observasi tersebut membahas ....
A. Pemilahan sampah basah dan kering
  1. B. Lingkungan yang asri dan bersih dari sampah
C. Sarana kreativitas masyarakat mendaur ulang sampah
D. Alat-alat baru hasil daur ulang sampah

Perhatikan teks berikut!
Memanfaatkan beberapa barang bekas dan sampah yang bisa didaur ulang bisa menjadi salah satu cara kreatip agar kita tidak terlalu konsumtif . Selain menjadi alternativ daur ulang, kegiatan ini sangat menyenangkan. Kita bisa membuat tas atau dompet dari pebungkus sabun cuci piring. Tanamkan pada diri kita bahwa kegiatan mendaurulang barang bekas adalah hal yang bisa menselamatkan lingkungan.
50.  Deretan kata tidak baku dalam teks hasli observasi tersebut adalah ....
A. Kreatip, konsumtif, alternativ, pebungkus
B. Meanfaatkan, kreativ, pebubgkus, alternativ
C. Kreatip, alternativ, pebungkus, menselamatkan
D. Memanfaatkan, konsumtif, pebungkus, menselamatkan







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tes Formatif Bahasa Indonesia Kelas VIII

Soal teks LHO kelas VIII Klik link bawah ini untuk mengerjakan soal. https://forms.gle/8ZCj6n3udrjJqv8A8