RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SEKOLAH :
MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia
KELAS : X
SEMESTER :
2 (genap)
A.
STANDAR
KOMPETENSI :
Mendengarkan :13. Memahami
cerita rakyat yang dituturkan
B.
KOMPETENSI
DASAR :
13.1 Menemukan hal-hal yang menarik tentang
tokoh cerita rakyat yang disampaikan secara langsung dan atau melalui rekaman
C.
MATERI
PEMBELAJARAN :
Rekaman cerita rakyat atau
yang disampaikan secara langsung
1)
ciri-ciri cerita rakyat
2)
unsur-unsur intrinsik (tema, penokohan,
latar, alur, sudut pandang)
3)
nilai-nilai (budaya, moral, agama)
4)
cara membuat sinopsis
5)
hal-hal yang menarik tentang tokoh
D.
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI :
No
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/ Ekonomi
Kreatif
|
1
|
Mengidentifikasi karakteristik cerita
rakyat yang didengarkan
|
·
Bersahabat/ komunikatif
·
Kreatif
|
·
Kepemimpinan
·
Keorisinilan
|
2
|
Menentukan isi dan atau amanat yang
terdapat di dalam cerita rakyat
|
||
3
|
Menemukan hal-hal yang menarik tentang
tokoh cerita rakyat
|
||
4
|
Membandingkan nilai-nilai dalam cerita
rakyat dengan nilai-nilai masa kini dengan menggunakan kalimat yang efektif
|
||
5
|
Mengungkapkan kembali cerita rakyat
dalam bentuk sinopsis
|
E.
TUJUAN
PEMBELAJARAN :
Siswa dapat:
Ø Mengidentifikasi karakteristik cerita rakyat yang didengarkan
Ø Menentukan isi dan atau amanat yang terdapat di dalam cerita rakyat
Ø Menemukan hal-hal yang menarik tentang tokoh cerita rakyat
Ø Membandingkan nilai-nilai dalam cerita rakyat dengan nilai-nilai masa
kini dengan menggunakan kalimat yang efektif
Ø Mengungkapkan kembali cerita rakyat dalam bentuk sinopsis
F.
METODE
PEMBELAJARAN :
§
Penugasan
§
Diskusi
§
Tanya
Jawab
§
Ceramah
§
Demonstrasi
G.
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
· Menemukan hal-hal yang menarik tentang tokoh
cerita rakyat
|
· Menemukan hal-hal yang
menarik tentang tokoh cerita rakyat
|
· Siswa Mengungkapkan kembali
cerita rakyat dalam bentuk sinopsis.
|
H.
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
No.
|
Kegiatan Belajar
|
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
1.
|
Kegiatan Awal :
F Guru menjelaskan Tujuan Pembelajaran hari ini.
|
Bersahabat/ komunikatif
|
2.
|
Kegiatan Inti :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F
Mendengarkan rekaman cerita
rakyat (penuturan cerita sesuai dengan daerah setempat)*
F
Mengidentifikasi karakteristik
cerita rakyat yang didengarkan
F
Menemukan hal-hal yang menarik
tentang tokoh cerita rakyat
&
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
F
Mengutarakan secara lisan
nilai-nilai dalam cerita rakyat dengan memperhatikan pelafalan kata, dan
kalimat yang tepat
F
Membandingkan nilai-nilai dalam
cerita rakyat dengan nilai-nilai masa kini dengan menggunakan kalimat yang
efektif.
F
Mengungkapkan kembali cerita
rakyat dalam bentuk sinopsis
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F
Menyimpulkan tentang hal-hal
yang belum diketahui
F
Menjelaskan tentang hal-hal yang
belum diketahui.
|
Kreatif
|
3.
|
Kegiatan Akhir :
F
Refleksi
F
Guru menyimpulkan pembelajaran
hari ini.
|
Bersahabat/ komunikatif
|
I.
ALOKASI
WAKTU :
4 x
40 menit
J.
SUMBER
BELAJAR/ALAT/BAHAN :
Rekaman cerita rakyat,
tuturan cerita rakyat
Buku cerita rakyat
K.
PENILAIAN
:
Jenis Tagihan:
§ tugas individu
§ ulangan
Bentuk Instrumen:
§ uraian bebas
§ pilihan ganda
§
jawaban singkat
Mengetahui : ............................
Kepala SMA/MA…… GuruMP.
……………………….. …………………...
NIP./NIK…………….. NIP./NIK…………
Nggih Pak... matur suwun.
BalasHapus